oleh

Sejumlah Murid Kuntau Gru Semende Pekon Sukaraja Tutup Belabar

LAMPUNG BARAT | NR | Minggu (29/11/2020) Seni Bela Diri Kuntau Semende adalah salah satu budaya warisan leluhur yang ada di Indonesia yang kini digandrungi masyarakat khusus nya di Pekon Sukaraja, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat.

Dalam kata istilah “Tutup Belabar” adalah beberapa murid yang telah selesai pembelajaran nya dalam satu 1 bulan.

Bela diri Kuntau Semende ini dibuka pada tanggal (30/10/2020) yang dipandu oleh Guru Besar Hepni Nahwan yang dibantu Master Kodri Hartono yang melahirkan murid- murid yang (nutup) atau yang telah menyelesaikan pembelajaran nya antara lain :

  1. M Yoga Pratama
  2. Riswan hadi
  3. Lio Dafindo
  4. Dwi Lotvia putri
  5. Kaisman Hadi
  6. M. Imran
  7. Wahyu Canra
  8. Putra
  9. Indra.

Dalam pembelajaran Kuntau Gru ini diawali dengan langkah dasar diteruskan dengan langkah titi batang, selimput,cepir dan tembung keseluruhan ada empat langkah kuda-kuda,”jelas Kodri.

Dan di teruskan membawa sejenis golok, pisau dua pisau satu, cabang lading dua dan toya atau tembung. Setelah itu murid juga diajarkan latihan sereng menyerang memperagakan sambut buang satu lawan satu dua lawan satu dan empat lawan satu,” ungkapnya.

“Disini juga murid diwajibkan datang tepat pada waktu dan diwajibkan mandi di air yang mengalir guna untuk mengolah tenaga dalam,” kata Kodri H.

Salah satu murid bela diri seni budaya Kuntau Gru Semende mengucapkan,” Alhamdulilah kami sudah menyelesaikan belajar memperdalami pencak silat seni Budaya Kuntau Gru, guna untuk melestarikan Budaya Semende supaya tidak habis dimakan waktu,” ujar nya.

Oleh karena itu dengan ada nya seni Budaya Kuntau Gru ini akan selalu kami budidayakan untuk Propinsi Lampung khusus nya Lampung Barat. Kami generasi muda akan melestarikan sampai ke anak cucu kami nanti dan nikmat yang kami rasakan bisa mengamankan diri pribadi, mempererat tali persaudaraan antara guru dan murid menjalankan ganti 9 sembilan gilir sesama Suku Semende,”
Tutup nya.

(Sumantri)

News Feed