oleh

Bupati Majalengka Serahkan Bantuan ALSINTAN Untuk Petani

Majalengka, NR – Pemerintah Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat menyerahkan sejumlah bantuan berupa alat mesin pertanian (ALSINTAN) dari Kementrian Pertanian RI TA 2020. Bantuan tersebut langsung diserahkan secara simbolis oleh Bupati Majalengka yang bertempat di kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Rabu (16/12/2020).

Adapun jumlah bantuan ALSINTAN dari Kementrian Pertanian RI yang diberikan kepada PEMKAB Majalengka untuk para Kelompok Tani yaitu sebanyak 361 unit yang akan dibagikan ke kelompok tani di 162 Desa pada 26 Kecamatan di Kabupaten Majalengka dengan perincian, Corn Sheller sebanyak 43 unit, Hand Sprayer sebanyak 49 unit, Traktor Roda empat sebanyak 6 unit, Combine Harvester sebanyak 12 unit, Pompa Air sebanyak 87 unit, Cultivator sebanyak 34 unit, Power Thresher sebanyak 69 unit, Traktor Roda dua sebanyak 56 unit dan Rice Transplanter sebanyak 5 unit.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, yakni Anggota Komisi IV DPR- RI Dr. H. Sutrisno, SE, M.Si, Sekda, Kepala DKP3 beserta jajarannya, para Camat serta para Kepala Desa dan para Kelompok Tani perwakilan di 26 Kecamatan.

Dalam kesempatannya Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.MPd, berpesan agar bantuan yang berupa barang untuk dijaga, dipelihara dan di manfaatkan sebaik mungkin serta jangan sampai berpindah tangan atau hilang.

Bupati majalengka juga berharap dengan adanya bantuan alat mesin pertanian ini para petani yang ada di Kabupaten Majalengka dapat meningkatkan hasil pertaniannya.”harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Majalengka, Ir. Iman Firmansyah, M.M mengatakan bahwa bantuan kali ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian RI Tahun Anggaran 2020 memberikan bantuan Alat Mesin (ALSINTAN) Pertanian kepada Pemkab Majalengka melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, adapun tujuannya yakni untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan penggunaan Alsintan tersebut dapat mempersingkat waktu pengolahan tanah, mempercepat penanaman serta dapat mempercepat waktu tanam dan juga panen.”Pungkasnya.

Fahmi/Suwoto

News Feed