oleh

Komisi V Usulkan Kewenangan Tata Kelola GBDT di Kembalikan Ke Pemprov Jabar

Garut, NR –Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Cabang Dinas (KCD) Pedidikan Wilayah XI Kabupaten Garut, kunjungan terkait permasalahan Guru Bantu Daerah Terpencil (GBDT) di Kabupaten Garut yang belum menerima honorarium selama hampir 11 bulan, kegiatan berlangsung di ruang rapat KCD Pendidikan Wilayah XI Kabupaten Garut. Kamis, (19/11/20).

Anggota Komisi V DPRD Jabar Ade Kaca mengatakan, dalam kesempatan ini perwakilan GBDT di Garut telah bermusyawarah bersama stake holder terkait dalam mencari jalan keluar permasalahan yang ada, adapun hasil musyawarahnya ialah persoalan honorarium GBDT akan direalisasikan pada tahun anggaran 2021 di triwulan pertama.

“Terkait permasalahan Guru Bantu yang belum dibayarkan oleh Pemerintah Provinsi, Alhamdulillah sudah ada perwakilan dari Guru Bantu Daerah Terpencil di Kabupaten Garut didampingi oleh Dewan Pendidikan kemaren sudah bermusyawarah , hasil musyawarah diantaranya akan direalisasikan di Tahun Anggaran 2021 pada Triwulan Pertama,” ucapnya”.

Ade Kaca juga menambahkan, dirinya mengusulkan kepada Pimpinan Komisi dan forum DPRD agar kewenangan tata kelola GBDT sebaiknya dikembalikan kepada Pemprov Jabar, hal ini dirasa untuk meminimalisasi permasalahan yang akan muncul.

“Lantas yang kedua saya mengusulkan kepada Pimpinan Komisi agar kewenangan tata kelola Guru Bantu Daerah Terpencil sebaiknya lagi dikembalikan ke Pemprov, agar tidak tumpang tindih kewenangan dan agar saling dalam tanda kutip tidak saling menyalahkan,” ujarnya”.

Terakhir, Ade Kaca juga mengatakan keberadaan GBDT harus dikaji ulang apakah kedepannya bisa diperbantukan untuk SMA dan SMK, mengingat selama ini GBDT difokuskan untuk Sekolah Dasar saja, Ade Kaca juga berharap peranan dari Dinas Pendidikan serta Komunikasi antara KCD Pendidikan dengan Dinas Pendidikan di Jabar harus lebih saling berkoordinasi, serta berharap kedepannya Pemprov Jabar bisa mengambil alih tata kelola seperti ini.

News Feed