oleh

Pertama di Sinjai, Kampung Literasi Bukit Ompoe Desa Kalobba

Sinjai,NR-Dalam acara pencanangan kampung literasi Bukit Ompoe , Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/12/2020).

Dalam acara tersebut, di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, A.Jefrianto Asapa, dan beberapa pemerintah Kecamatan Tellulimpoe.

A.Jefrianto Asapa, sangat mengapresiasi adanya Kampung Literasi sebagai satu wadah pembinaan dan pengembangan dan juga adalah satu terobosan yang sangat bagus dan pertama di Kab.Sinjai.

“Menurut saya ini sangat luar biasa dan manfaatnya juga sangat baik bagi sekolah khususnya di kecamatan tellulimpoe. Kedepannya kita tidak setengah mati lagi untuk mengasah keterampilan serta melakukan pembinaan kompetensi pengamatan kepada siswa. Karena sekarang kita tinggal mengarahkan bagaimana kompetensi mengamati sehingga situasi lingkungan sekitar harus lebih bagus” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan itu pun berharap agar kedepanya Desa lain termotifasi untuk mengadakan Kampung Literasi agar mudah melakukan pengamatan.

“Nah kalau tidak ada tempat peraktek seperti sekarang ini agak sulit untuk melakukan satu pengamatan. Mudah- mudahan ada Desa lain yg juga bisa membuat leterasi seperti ini ” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Darmawan, pemilik Literasi pertama di Sulawesi selatan dengan nama, Rumah Hijau Daengnasa Bonto Nompo kab Gowa. Sekaligus pendamping pencanangan literasi Bukit Ompoe mengatakan “ini sebenarnya sudah literasi. Apa yang dilakukan A.Aksan selama ini cuma mau dilegalkan dengan adanya inisiatif pemerintah Desa Kalobba berkolaborasi dengan FTBM. Ini bisa mendorong orang-orang punya minat baca dan menjadikan suatu karya yang kreatif. Bahkan bisa menjadi sesuatu yang luar biasa yang juga bisa menghasilkan produk yang bisa menambah perekonomian masyarakat itulah sebenarnya tujuan dan harapan kita semua” katanya.

Lanjut, Kepala Desa Kalobba
Taufik S.sos sekaligus penggagas kampung Literasi mengucapkan terima kasih kepada semua yang sempat hadir.

” Mudah -mudahan dengan adanya kampung literasi ini bisa menambah perekonomian masyarakat serta menambah wawasan dan berdaya saing dengan daerah lain. Dan tentunya terima kasih banyak kepada semua pihak yang menyempatkan diri hadir dalam agenda ini.

(RN)

News Feed