LAN Labusel Bersinergi Dengan Lingkungan Pemerintahan Gelar Sosialisasi P4GN

Spread the love

Labusel, NR-Masalah narkoba selalu ada di tengah- tengah masyarakat, dengan wilayah peredaran tanpa batas, baik kota maupun di desa. Sasaran targetnyapun tidak pernah pandang bulu, baik usia maupun status sosial, semua bisa kena jerat jahat narkoba.

Menyikapi hal tersebut, Lembaga Anti Narkoba ( LAN) Kabupaten Labuhanbatu Selatan bersinergi dengan Lingkungan Pemerintahan di tingkat desa, kelurahan menggelar sosialisasi pencegahan, pemberantas , penyalahgunaan dan peredaran Gelar Narkoba ( P4GN ) yang dihadiri puluhan masyarakat Dusun Suhut , Desa Rintis Kecamatan Silangkitan, Labuhanbatu Selatan, Jum’at (15/1/21).

Acara yang digelar di Dusun Suhut Desa Rintis, di rumah salah satu warga yaitu dr.Riyanti yang dihadiri Ketua dan Sekretaris DPC LAN Labusel Khairul Akmal Harahap dan Nurhabibah Batu Bara, Humas LAN Labusel Syarif Siregar beserta puluhan masyarakat Dusun Suhut juga turut hadir dalam sosialisasi tersebut.

Melalui sosialisasi tersebut, Ketua DPC LAN Labusel, Khairul Akmal Harahap mengajak seluruh komponen masyarakat agar berperanserta dalam menciptakan lingkungan masyarakat bebas Narkoba. Hal ini bisa diwujudkan mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan RT/ RW, kepemudaan dan masyarakat agar memiliki komitmen yang tegas dalam menyikapi permasalahan narkoba yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat,” tuturnya.

Lebih jauh Akmal mengatakan bahwa,” Peran serta masyarakat juga ada di dalam P4GN yang sudah tercermin dalam undang- undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, mulai dari pasal 104 sampai 108. Di dalamnya terdapat hak dan tanggung jawab masyarakat dalam P4GN, diantaranya masyarakat dapat mencari, memperoleh, dan memberikan Informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana narkotika kepada pihak penegak hukum,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris DPC LAN Nurhabibah Batubara menambahkan,” Masyarakat juga dapat membantu keluarga korban penyalahgunaan atau pencandu narkoba agar mau direhabilitasi. Hal ini sejalan dan dapat membantu upaya pemerintah dalam menyelamatkan korban penyalahgunaan narkoba dimana pengguna narkoba lebih baik direhabilitasi dari pada dipenjara,” cetusnya

( Kabiro Arofao Harefa )

Berita Sebelumnya