Lintas Daerah

UPT Puskesmas Sekincau Lakukan Pemicuan ODF

×

UPT Puskesmas Sekincau Lakukan Pemicuan ODF

Sebarkan artikel ini

Lampung Barat NR,- UPT Puskesmas Sekincau Kabupaten Lampung Barat pad hari Senin, (25/1/21) bertempat di Balai Pekon Giham Sukamaju adakan kegiatan pemicuan open defecation free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

UPT Puskesmas Sekincau melalui Subagio dalam acara tersebut menyampaikan,” Menyikapi program Bupati Lampung Barat untuk wilayah kecamatan Sekincau tentang ODF (open defecation ) stop buang air besar sembarangan diharapkan semua masyarakat memiliki jamban karena dampak dari pembuangan air besar yang tidak memenuhi syarat dapat berpengaruh dan menyebabkan penyebaran penyakit kita masing masing ,”ujar nya.

Selain itu pula Subagio menambahkan ,”Sanitasi total berbasis masyarakat yang disebut sebagai STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan komunitas merupakan kelompok masyarakat yang berinteraksi secara sosial berdasarkan kesamaan kebutuhan dan nilai-nilai untuk meraih tujuan “tambahnya.

Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas. Keadaan ini kemudian lebih dikenal dengan istilah Open Defecation Free (ODF),”tutup nya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut ka UPT Puskesmas Sekincau yang diwakili Subagio, Melinda, Lisa, Pratin pekon Giham , Bhabinkamtibmas dan seluruh Aparatur pemerintahan pekon setempat

Hendri / Tim

Tinggalkan Balasan