Kultur Tanah Labil, Kondisi Pendopo Desa Bringkeng Alami Kemiringan Dan Sangat Membahayakan!

Spread the love

Cilacap NR-. Kamis 22/4/2021 awak media berkunjung ke Desa Bringkeng, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap untuk menanggapi laporan warga yang katanya kondisi pendopo desa mengalami kemiringan dan semakin berbahaya.

Menurut pantauan, pendopo Desa Bringkeng, tempat untuk berkumpulnya dalam acara Musrendes dan lain sebagainya. Kondisi seperti itu sangat membahayan keselamatan jiwa bagi warga yang berkunjung maupun para staf desa.

Misran Kepala Desa Bringkeng ketika diwawancarai awak media membenarkan bahwa,” Koondisi pendopo dalam posisi miring dan tingkat kemiringannya makin hari makin bertambah hingga kini level kemiringannya dari ujung depan dan ujung belakang ada berbedaan empat puluh cm dan pilar – pilar penyangga sudah mulai retak,” ujarnya.

Ia mengakui kalau bangunan pendopo itu memang dari periode kades sebelum dirinya dan mungkin kondisi kultur tanah disini yang labil bisa menjadi salah satu penyebab kemiringannya.

“Saya selaku kades juga sudah melakukan berbagai upaya antara lain mengajukan proposal untuk renovasi pendopo keberbagai pihak,” imbuhnya .

Di sisi lain saat ini pun desa Bringkeng ada sedikit pembangunan fisik yaitu membangun posko tanggap darurat covid – 19 dan ruang karantina covid anggaran nya dari pos bencana desa. Termasuk juga papan nama ( Neon box ) desa sudah bertengger megah di pintu masuk balai desa.

Sukirno mantan Kades Bringkeng melalui pesan whatsapp nya mengatakan betul pendopo desa itu hasil karyanya pada periode dirinya,” ungkapnya.

Sukir juga membenarkan jika kultur tanah di Desa Bringkeng ini memang labil jadi tidak mustahil melihat pondopo desanya yang kondisinya seperti sekarang.

Namun dirinya berharap dan mendukung upaya – upaya yang dilakukan kades sekarang terangnya .

Sebelum menyudahi wawancaranya Misran mengucapkan terima kasih atas kedatangan awak media dalam peliputan ini semoga pejabat – berjabat yang berwenang merespon apa yang sedang dialami pemerintahan Desa Bringkeng.

(Sas/Slamet wi )

Berita Sebelumnya