Polres Sukamara –Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Unit Binkamsa Polres Sukamara jajaran Polda Kalteng melaksanakan kegiatan Sambang Kamtibmas  dan sosialisasi Revitalisasi  Satkamling. Minggu (11/02/2024) Siang.

Mengacu pada perpol. No. 4 tahun 2020 tentang pamswakarsa, kini Pos Kamling berubah menjadi Satkamling atau Satuan Keamanan Lingkungan.

Satuan Keamanan Lingkungan yang selanjutnya disebut Satkamling adalah Satuan Masyarakat yang pengemban fungsi Kepolisian yang dibentuk oleh warga masyarakat atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan untuk mengamankan lingkunganya. Bahwa dalam satu kelurahan atau RT terdapat perwakilan pos satkamling.

Berlokasi di Desa Natai kondang kecamatan permata kecubung Kabupaten Sukamara dilaksanakan Pengecekan dan kegiatan Sosialisasi menjelaskan kepada warga tujuan Satkamling dilaksanakan karena dari analisa jumlah polisi dibanding jumlah masyarakat tidak sebanding maka Polri berinovasi mengajak masyarakat menjadi polisi pada diri sendiri untuk menciptakan keamanan. Satkamling akan memberikan manfaat bagi masyrakat dalam mengurangi tindakan kriminal.

“Berdayakan kembalil kegiatan satkamling ini karena dari jumlah polisi dibanding jumlah masyarakat tidak sebanding maka memanfaatkan pos kamling yang ada menjadi polisi pada diri sendiri untuk menciptakan keamanan. Pos kamling akan memberikan manfaat bagi masyrakat dalam mengurangi tindakan kriminal,” ujar IPTU Dwiyono, Kasat Binmas Polres Sukamara Jajaran Polda Kalteng.

Ia menambahkan Kepolisian memberikan dukungan penuh kepada satkamling berupa memberikan edukasi kepada petugas satkamling untuk menjaga lingkungannya, memberi jam dinding, borgol, tongkat serta cara menggunakannnya.

Satkamling dikepalai oleh RT atau RW, dibawahnya ada ronda beserta shift-shiftnya tergantung jumlah yang ada dimasyarakat.

Kami juga ada pelatihan pembinaan kemampuan, bagaimana menanggapi permasalahan yang ada seperti kasus pencurian warga yang tertangkap. Semua permasalahan tidak harus ditangani polisi, masalah dilingkungan bisa diselesaikan dengan musyawarah. Pidana adalah jurus terakhir, dari dini bisa dicegah,” ujarnya.

Ia berharap Satkamling bisa menjaga lingkungan dan wilayah masing-masing serta menjadi Polisi bagi diri sendiri dalam memberi pengayoman, perlindungan, keamanan diwilayahnya. “Mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, melaksanakan kegiatan dan setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan musyawarah untuk mencegah permasalahan dari dini,” tutupnya. (BOSS Q)

Tinggalkan Balasan