Himbauan Disdikpora Karawang: Study Tour Dilaksanakan di Dalam Kota sebagai Respons Kecelakaan Bus Pelajar

Sebuah Insiden yang menggemparkan di dunia pendidikan ketika bus yang membawa rombongan pelajar dari SMK Lingga Kencana Depok mengalami kecelakaan tragis di Ciater, Subang, Jawa Barat, yang mengakibatkan 11 orang tewas.

Menanggapi kecelakaan ini, Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, melarang sekolah-sekolah mengadakan kegiatan studi wisata ke luar kota. Keputusan ini diambil setelah kecelakaan bus yang membawa rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang, yang menyebabkan 11 orang meninggal dunia.

Sebagai tindak lanjut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang Drs Cecep Mulyawan Melalui Kabid Pendas Disdikpora Karawang : Yanto, mengirimkan surat edaran (15/05/2024)

Surat edaran ini merujuk pada Surat Edaran Bupati Karawang Nomor 1726 Tahun 2024 tanggal 13 Mei 2024 tentang Study Tour pada Satuan Pendidikan. Dalam surat tersebut, Disdikpora menyampaikan beberapa poin penting.

Surat Edaran Disdikpora Karawang

“Mengimbau seluruh Kepala Satuan Pendidikan pada semua jenjang di Kabupaten Karawang untuk melaksanakan kegiatan study tour di dalam kota, di lingkungan wilayah Kabupaten Karawang. Kunjungan dapat dilakukan ke pusat perkembangan ilmu pengetahuan, pusat kebudayaan, dan destinasi wisata edukatif lokal. Hal ini ditujukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, kecuali bagi satuan pendidikan yang sudah melakukan kontrak kerjasama study tour di luar Kabupaten Karawang dan tidak dapat dibatalkan”.

“Kegiatan study tour harus memperhatikan asas kemanfaatan serta keamanan bagi seluruh peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan. Hal ini mencakup kesiapan awak kendaraan, keamanan jalur yang akan dilewati, serta koordinasi dan rekomendasi dari Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang terkait kelayakan teknis kendaraan”.

Melanjutkan dalam surat edaran bahwa Pihak satuan pendidikan dan yayasan yang akan menyelenggarakan study tour harus melakukan koordinasi dengan memberikan surat pemberitahuan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang.

  • Redaksi Nuansa Realita

    Related Posts

    Bupati Karawang Terima Penghargaan dan Dikukuhkan Sebagai Alumni Kehormatan IPDN

    Jatinangor,- Bupati Karawang, H. Aep Syaepulon menerima penghargaan dari Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) berupa lencana penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan Alumni Kehormatan Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan pada Selasa (21/5/2024)…

    Bangunan Sekolah Kumuh, Dana Perawatan Sekolah SDN Cimerang Desa Datarnangka Diduga Tidak Direalisasikan?!

    Sukabumi, nuansarealitanews.com, – Bangunan sekolah yang mengkhawatirkan di SDN Cimerang Desa Datarnangka, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi diduga tidak direalisasikan. Selasa (21/5/24). Dengan begitu, dunia pendidikan Kabupaten Sukabumi kembali tercoreng oleh…

    Tinggalkan Balasan

    You Missed

    Giat Sosialisasi Saber Pungli Polsek Kapuas Hilir

    PERSONIL POLSEK KAPUAS HILIR RUTIN LAKSANAKAN KEGIATAN PENGECEKAN RIKSA SARANA PRASARANA TUGAS OPERASIONAL

    Piket Jaga Polsek Kapuas Hilir Layani Masyarakat

    Sosialisasi Maklumat Kapolda Kalteng Sanksi Karhutla Oleh Polsek Kapuas Hilir

    Kapolsek Kapuas Hilir Melaksanakan Patroli Dialogis Serta Berikan Himbauan Larangan Karhutla

    PERSONIL POLSEK KAPUAS HILIR SOSIALISASIKAN STOP PUNGLI GUNAKAN BANNER SIWAS POLRES KAPUAS