Ini Jawaban Penjabat Wali Kota Bandung pada Pandangan Umum Fraksi

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung terhadap Raperda Kota Bandung tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A 2023 .

Jawaban ini menyoroti berbagai langkah strategis yang telah dan akan diambil oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk mencapai target pembangunan yang belum tercapai sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Pertama, Bambang menjelaskan langkah-langkah yang diambil untuk memastikan ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Kami mengupayakan penyerahan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) serta pengadaan lahan untuk RTH, penyediaan lahan pemakaman, penataan sempadan sungai, jalur hijau, dan konsep taman vertikal,” jelasnya dalam Rapat Paripurna di Kantor DPRD Kota Bandung, Jumat, 28 Juni 2024.

Selanjutnya, terkait pengelolaan sampah, Pemkot Bandung telah menerapkan strategi pengurangan sampah dari sumbernya.

“Kami mengembangkan komposting skala rumah tangga dan rumah magot di 151 kelurahan. Selain itu, kami juga meng-upgrade Tempat Penampungan Sementara (TPS) menjadi Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), menguatkan kelembagaan, dan memberdayakan masyarakat melalui kolaborasi dengan pemerintah pusat dalam Improvement of Solid Waste Management Project (ISWMP),” paparnya.

Lalu, untuk mengatasi kemacetan, Pemkot Bandung mengembangkan sarana dan prasarana transportasi umum berbasis jalan yang terintegrasi.

“Kami berupaya mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan umum massal, dengan kebijakan pembiayaan non-APBD dan KPBU serta pelibatan operator angkutan umum eksisting,” kata Bambang.

“Kami juga melakukan sinkronisasi dan sinergisitas pengembangan angkutan umum massal dengan pemerintah provinsi, pusat, dan wilayah sekitar Bandung,” lanjutnya.

Kemudian, Bambang menyatakan, pentingnya pendataan aset bergerak yang rusak untuk proses pelelangan, guna mengurangi beban pemerintah.

“Kami mengacu pada peraturan pengelolaan barang milik daerah dan bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL),” ungkapnya.

Sedangkan dalam hal sertifikasi aset, Pemkot Bandung telah bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk pendampingan dan penyelesaian sengketa lahan milik pemerintah.

Bambang juga menjelaskan, pengelolaan keuangan dengan pola BLUD bertujuan memberikan fleksibilitas pengelolaan sehingga fungsi pelayanan kepada masyarakat dapat lebih cepat dan efektif.

Menanggapi pandangan tentang pertumbuhan ekonomi, Bambang menyebutkan, meski ekonomi Kota Bandung telah membaik pasca COVID-19, namun masih rentan terhadap ancaman krisis global.

“Pertumbuhan ekonomi Kota Bandung pada tahun 2023 sebesar 5,07%, lebih lambat dibandingkan tahun sebelumnya. Kami terus berupaya menciptakan lapangan pekerjaan formal dan mendorong investasi,” jelasnya.

Bambang juga mengungkapkan, rencana alokasi surplus anggaran untuk belanja prioritas dan pencapaian tujuan pembangunan daerah.

“Kami akan lebih cermat dalam perencanaan anggaran dan melakukan evaluasi berkala untuk optimalisasi realisasi pendapatan dan belanja,” katanya.

Terakhir, terkait tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK, Penjabat Wali Kota menyatakan komitmen untuk menyelesaikan temuan sesuai ketentuan dan meningkatkan kompetensi ASN melalui pelatihan dan bimbingan teknis.

Bambang menegaskan komitmen Pemkot Bandung untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan dan pelayanan publik, dengan tujuan mencapai opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kembali.

“Rapat paripurna ini menjadi momentum penting untuk memperkuat sinergi antara eksekutif dan legislatif dalam mewujudkan pembangunan Kota Bandung yang berkelanjutan dan inklusif,” pungkasnya. (ziz)**

Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana

  • Related Posts

    DPP CIC Minta Kapolri Tangkap Cuheng Bos Judi Hotel Wiko Karimun

    NuansaRealitanews com – Jakarta. DPP CIC, menyoroti Wiko Hotel yang”berfungsi ganda menjadi arena perjudian bola pimpong.” Hal itu terungkap dalam Investigasi yang dilakukan tim CIC, kemudian tim melihat pada setiap…

    Salut! Kota Bandung Rebut Tiga Penghargaan pada Lomba KKJ-PKJB 2024

    Dekranasda Kota Bandung dan Pelaku UMKM binaannya meraih tiga penghargaan pada lomba Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kreatif Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2024. Rinciannya, Dekranasda Kota Bandung mendapat satu penghargaan…

    Tinggalkan Balasan

    You Missed

    Polsek Kurun Beri Sosialisasi Tegas terhadap Bahaya Pungutan Liar

    • Juli 1, 2024
    • 1 views
    Polsek Kurun Beri Sosialisasi Tegas terhadap Bahaya Pungutan Liar

    Sosialisasi Polsek Kurun: Warga Wajib Peduli Terhadap Tambang Ilegal

    • Juli 1, 2024
    • 1 views
    Sosialisasi Polsek Kurun: Warga Wajib Peduli Terhadap Tambang Ilegal

    Polsek Kurun Prioritaskan Keselamatan Masyarakat dari Kebakaran Hutan

    • Juli 1, 2024
    • 1 views
    Polsek Kurun Prioritaskan Keselamatan Masyarakat dari Kebakaran Hutan

    Debit Air Terkendali: Personel Polsek Kurun Berikan Rasa Aman pada Warga

    • Juli 1, 2024
    • 1 views
    Debit Air Terkendali: Personel Polsek Kurun Berikan Rasa Aman pada Warga

    Personel Polsek Rungan Patroli Malam Hari, Cegah Gangguan Kamtibmas

    • Juli 1, 2024
    • 1 views
    Personel Polsek Rungan Patroli Malam Hari, Cegah Gangguan Kamtibmas

    Polsek Kahayan Hulu Utara, Jaga Keamanan dengan Patroli Malam Hari

    • Juli 1, 2024
    • 1 views
    Polsek Kahayan Hulu Utara, Jaga Keamanan dengan Patroli Malam Hari