Polsek Kapuas Barat Sambangi Warga Dan Lakukan Sosialisasi Cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan ( Karhutla )

Polsek Kapuas Barat Polres Kapuas Polda Kalimantan Tengah tidak pernah lelah menghimbau masyarakat akan bahayanya kebakaran hutan dan lahan dengan memberikan sosialisasi pada hari Kamis (25\04\2024).

 

Kegiatan sosialisasi ini adalah bagian dari upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar turut aktif bersama-sama para pihak menjaga dan mengolah tanahnya, mengecek peralatan pemadam agar selalu siap apabila terjadi Kebakaran Hutan dan lahan, melakukan pemantauan dan tindakan dini dalam upaya pemadaman bila terjadi kebakaran, agar api bisa ditanggulangi sebelum membesar. Seluruh elemen masyarakat diharapkan waspada dan melakukan pencegahan dini saat memasuki musim kemarau. Karena bahaya dari kebakaran hutan dan lahan dapat menimbulkan asap yang akan mengganggu kesehatan. Berbagai partikel yang ada dalam asap kebakaran berpotensi menurunkan fungsi jantung. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungkin juga infeksi.

 

Kapolsek Kapuas Barat melalui anggota Polsek  Aiptu Didik  Menghimbau “kepada masyarakat para pemilik lahan diingatkan Membakar hutan ataupun padang dalam menyiapkan lahan tanam berdampak tidak baik bagi lingkungan diantaranya dapat menimbulkan polusi udara serta kerusakan lingkungan. Hal ini juga dapat menimbulkan adanya bencana kebakaran yang dapat mengakibatkan kerugian material dan juga korban. dalam menyiapkan lahan tanam yang dilakukan masyarakat.”

 

Kapolsek IPDA PRASETYO LAMI, S.E menambahkan “Kami berharap agar warga paham tidak mengolah lahan dengan cara membakar, pembakaran hutan dan lahan sangat berbahaya.” Dan oleh karena itu, perlu himbauan kepada masyarakat agar menjaga lingkungan sekitar dan dapat bekerjasama dengan Polsek Kapuas Barat serta pemerintah desa tentunya. (dj)

 

  • Tim Humas

    Related Posts

    Minggu Kasih, Polsek Kapuas Barat Melakukan giat silahturahmi bersama jemaat desa saka mangkahai

    Melalui kegiatan Minggu Kasih, personil Polsek Kapuas Barat Polres Kapuas Jajaran Polda Kalteng melaksanakan kegiatan silahturahmi bersama jemaat desa saka mangkahai GKE Mandomai Kec. Kapuas Barat Kab. Kapuas Kalteng pada…

    *POLDA KALTENG/POLRES KAPUAS/POLSEK PULAU PETAK GELAR GIAT “MINGGU KASIH”*

    *KAPUAS* –  Polda Kalteng Satuan Polres Kapuas Polsek Pulau Petak, Ps Kaspkt I beserta Anggota menggelar kegiatan “Minggu Kasih” untuk mendengar keluhan masyarakat secara langsung, Minggu (05/05/2024) yang dihadiri oleh…

    Tinggalkan Balasan

    You Missed

    Pengurus PDIP Karawang Sambangin Kantor PKS Karawang

    Pengurus PDIP Karawang Sambangin Kantor PKS Karawang

    Jelang Pilkada 2024, DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Karawang terus bergerak

    Jelang Pilkada 2024, DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Karawang terus bergerak

    Kafilah Kota Bandung Raih Peringkat Ketiga MTQ Tingkat Jawa Barat

    Kafilah Kota Bandung Raih Peringkat Ketiga MTQ Tingkat Jawa Barat

    Car Free Day Dago Kembali Dibuka, Pj Wali Kota: Harus Nyaman bagi Semua Orang

    Rayakan May Day, 1.500 Anggota Serikat Buruh dan Pemkot Bandung Berdialog

    Rayakan May Day, 1.500 Anggota Serikat Buruh dan Pemkot Bandung Berdialog

    Patroli Sambang Ka SPKT Polsek Kota Besi Berikan Imbauan Kamtibmas kepada Warga Kelurahan Kota Besi Hulu.

    Patroli Sambang Ka SPKT Polsek Kota Besi Berikan Imbauan Kamtibmas kepada Warga  Kelurahan Kota Besi Hulu.