BERITA UMUM

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan Personil (Karhutla) Dalam Membuka Lahan, Polsek Kapuas Barat Lakukan Sosialisasi Di Sekitar Masyaraka

Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), anggota personil Bhabinkamtibmas Polsek Kapuas Barat Polda Kalimantan Tengah selalu ingatkan dan rutin memberikan sosialisasi masyarakat. Rabu (23/10/2024).

Bhabinkamtibmas selalu berkoordinasi dengan kepada kepala desa beserta perangkatnya agar terjalin sinergitas yang baik dan selalu bekerja sama dalam upaya pencegahan apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Selain melakukan himbauan Bhabinkamtibmas juga melakukan koordinasi dengan masyarakat yang bekerja sebagai petani dalam upaya melakukan pencegahan dini apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan sehingga dapat terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik serta tidak henti-hentinya untuk mengingatkan masyarakat demi kepentingan bersama.

kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan serta mengurangi risiko bencana di wilayah kecamatan Kapuas Barat. Secara keseluruhan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana cara mengatasi bencana, sehingga dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh bencana.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan mengingat kondisi saat ini banyak terjadi musibah kebakaran diwilayah kecamatan Kapuas Barat baik pada pemukiman tempat tinggal, lahan tidur maupun area sekitar bantaran sungai.
Sebagaimana diketahui Kecamatan Kapuas Barat terdiri dari lahan gambut yang lokasinya berada di dekat pemukiman masyarakat maupun di tempat yang terpencil, dengan kondisi tersebut kebakaran lahan rentan terjadi disaat masuk musim kering dan debit air sungai rendah atau sungai menjadi surut.

Kapolsek Kapuas Barat Ipda Prasetyo Lami. S.E., juga menjelaskan “Sosialisasi ini merupakan langkah preventif yang dilakukan oleh pihak terkait guna menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat membahayakan lingkungan dan masyarakat. “(Eyn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *