BERITA UMUM

PJ Wali Kota: Sekolah Harus Jadi Cyber Army dan Edukasi Pengelolaan Sampah

Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara menegaskan sekolah harus berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan sampah.

Sekolah harus menjadi pelopor gerakan pengelolaan sampah, tidak hanya di lingkup pendidikan, tetapi juga di wilayah RW dan kelurahan di mana sekolah berada.

Hal tersebut disampaikan Koswara dalam acara Sosialisasi Pengelolaan Persampahan di Lingkungan Sekolah kepada Kepala Sekolah SD, SMP, SMA Se-Kota Bandung di Aula SMP Negeri 2 Bandung Jalan Sumatera, Senin, 21 Oktober 2024.

“Sekolah tidak hanya bertugas mengajar, tetapi juga harus menjadi cyber army dalam menyebarkan kesadaran tentang pentingnya pengelolaan sampah. Semua sekolah harus aktif bergerak di wilayahnya, membantu mengedukasi masyarakat sekitar, termasuk RW dan kelurahan,” ujar Koswara.

Menurut Koswara, kepala sekolah harus mengetahui jumlah sampah yang dihasilkan di sekolahnya dan memiliki rencana pengelolaan yang jelas.

“Saya harap semua kepala sekolah tahu berapa sampah yang dihasilkan, berapa yang bisa diolah, dan berapa residunya. Target kita adalah sekolah mampu mengelola sampah sehingga residunya maksimal hanya 20 persen. Ini harus dilakukan secara sistematis dan terukur,” bebernya.

Selain itu, Koswara meminta setiap sekolah untuk berkontribusi lebih dalam program pemerintah terkait pengelolaan sampah.

“Sekolah harus jadi bagian dari gerakan ini. Tidak bisa lagi kita bergantung pada kebijakan yang hanya mengandalkan pihak luar. Semua harus mandiri dalam mengelola sampah, dimulai dari sekolah dan rumah masing-masing,” tegasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Tantan Surya mengungkapkan, Kota Bandung memiliki 1.003 satuan pendidikan yang terdiri dari 477 SD, 267 SMP, 140 SMA, dan 110 SMK baik Negeri ataupun Swasta.

Setiap sekolah diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan mengolahnya secara mandiri.

“Kami mendorong setiap sekolah untuk menerapkan manajemen pengelolaan sampah yang baik, beberapa sekolah sudah memulai inisiatif seperti SDN Panyileukan, SMA 8, SMA 11, dan SMP 39, yang sudah memiliki sistem pengolahan sampah, baik dengan metode sederhana maupun menggunakan teknologi,” ujar Tantan.

Tantan juga menyampaikan pentingnya peran guru dan siswa dalam mendukung pengelolaan sampah di sekolah dan lingkungan sekitar.

“Kami sudah mengeluarkan kebijakan penggunaan tumbler dan misting untuk mengurangi sampah plastik di sekolah. Selain itu, banyak sekolah yang sudah memiliki ekstrakurikuler daur ulang. Ini diharapkan bisa menjadi kebiasaan yang dibawa siswa ke rumah mereka,” tutur Tantan.

Dengan sinergi antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat, diharapkan Kota Bandung dapat mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman dengan pengelolaan sampah yang lebih baik. (ziz)**

Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *